SMPI Al-Azhar 13 Raih Penghargaan Walikota Surabaya 

Untuk meningkatkan kemampuan di bidang robotika murid SD dan SMP se jawa Timur, SMPIA 13 mengadakan Al-Azhar Competition mulai dari lomba robotik, parade band hingga try out akbar. Kegiatan Al-Azhar competition ini akan dibuka Tri Rismaharini, Walikota Surabaya. pada 22 -23 Februari 2014.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan setelah kembali mengukir prestasi bergengsi pada Sabtu 15 Februari 2014, Muhammad Adiel Kananta, murid kelas 8 SMPIA 13 mewakili SMP se Surabaya menerima penghargaan Adi Siswa Fiesta. Penghargaan Adi Siswa Fiesta diberikan hanya kepada sepuluh murid berprestasi tingkat kota hingga tingkat internasional, dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK se kota Surabaya.

Penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Walikota Surabaya di gedung Pemkot Surabaya. Adiel Kananta penerima penghargaan tersebut berprestasi di bidang robot, Juara 1 lomba robot Transporter tingkat chalange (SMP-SMU) skala internasional yang digelar di Bandung 2013.

Gudangnya prestasi Robotika

SMPIA 13 yang terletak di Jl. Florence J4 No.31 Kompleks Pakuwon City Surabaya Timur ini kerap meraih prestasi di bidang robot. Sudah belasan kejuaraan robot diraih, di antaranya, juara 2 lomba robot tingkat nasional untuk kategori SMP dan SMA di ITS tahun 2013 (Institute Teknologi Sepuluh Nopember). Juara 1 dan 2 lomba robotika Line Tracer Marathon SMA 6 se Gerbangkertasusila th 2012, juara 1 dan 2 lomba Robo Master Cup se jatim November 2012 di Grand City dan juara 1 lomba Robot Cleaner Tingkat nasional 2012 di ITS Surabaya. Yang menarik beberapa komponen robot ini dibuat dari barang bekas, sehingga berbiaya murah.

Selain menjadi sekolah gudangnya prestasi robotika, di bidang akademik pun sederet prestasi diukir, SMPIA 13mewakili Surabaya dalam OSN tingkat provinsi untuk mapel MTK dan IPS. Bakat seni murid juga diarahkan. Di SMPIA 13 Prestasi di bidang seni diantaranya best performance Band se Surabaya 2013, juara 3 lomba fotografi se Surabaya 2, juara 1 Baseball se Surabaya. Pembentukan dan pembiasaan nilai nilai akhlakul karimah tetap menjadi nomor satu di SMPIA 13. “Murid murid SMPIA 13 terbiasa untuk qultum, kajian tafsir, tadarus dan sholat dhuha berjamaah setiap hari. Prestasi diantaranya, Juara 1 lomba Tahfizd Quran jus 30 se Al-Azhar 2012, “ jelas Kanya Muawanah Kepala Sekolah SMPIA 13 Surabaya.

Kegiatan peningkatan wawasan global kerap dilaksanakan di SMPIA13, Oktober 2013 lalu murid SMPIA 13 melakukan Study Excursion ke Singapura. Pembiasaan bahasa Inggris murid-murid SMPIA 13 didukung fasilitas English corner, Qulma di radio sekolah dalam bahasa Inggris. Sekolah juga secara khusus mendatangkan guest teacher mancanegara setiap Jumat bekerjasama dengan FIB Unair, latih tanding debat bahasa Inggris dengan beberapa sekolah.

Pembelajaran SMPIA 13 didukung fasilitas ruang kelas ber AC, LCD prayektor dan perangkat computer dan sebagai penunjang tersedia laboratorium IPA, lab computer, studio musik, ruang robotika , lapangan olahraga untuk meningkatkan potensi non akademik murid-murid.

Add a Comment